Breaking News

Menguntungkan, Ini Dia 8 Tips Investasi Rumah Untuk Kaum Millennial!


Investasi perumahan, tanah dan bangunan memang banyak memberikan keuntungan bagi anda. Saat harga pasar naik, maka investasi anda juga akan naik dan keuntungan akan naik juga. Tidak heran banyak orang yang berbondong-bondong membeli tanah atau bangunan di daerah tertentu untuk investasi dikemudian hari karena mereka tahu bahwa tanah, rumah atau bangunan lain merupakan suatu asset yang tidak akan merugikan. Terutama saat anda memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah rumah atau bangunan di suatu daerah dengan rencana pembangunan yang akan dilakukan beberapa tahun kedepannya. Tentunya harga sewa atau harga jual nantinya akan lebih tinggi dan menguntungkan bagi anda. 

Lalu bagaimana caranya memilih perumahan atau bangunan yang akan memberikan keuntungan bagi anda dikemudian hari. Banyak aspek yang harus di perhatikan sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah rumah atau bangunan. Bukan hanya harga dan keuangan anda saja yang perlu diperhatikan, namun ada beberapa hal yang harus anda analisis sebelum anda melakukan investasi. Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar investasi rumah anda berhasil dan membawa keuntungan. 

1. Lokasi rumah atau bangunan.

Lokasi rumah atau bangunan sangat menentukan bagi anda yang akan berinvestasi. Tidak sembarang semua bangunan atau rumah yang sedang dijual dapat anda beli dan digunakan untuk investasi, tetapi anda harus memperhatikan lokasi bangunan tersebut berada. Apakah bangunan atau rumah tersebut dekat dengan jalan raya, fasilitas umum atau justru terletak di pedalaman. Perhatikan lokasi sekitar sebelum anda membelinya. 

2. Keadaan bangunan secara umum.

Anda juga harus memperhatikan keadaan bangunan atau rumah yang akan dijadikan investasi bagi anda, seberapa parah kerusakan yang dialami bangunan atau rumah tersebut karena penurunan setiap tahunnya. Jangan sampai anda melewatkan hal tersebut dan mengeluarkan banyak biaya untuk menutupi kekurangannya atau untuk renovasi. Memang pasti anda akan melakukan renovasi, namun hendaknya meminimal biaya renovasi dengan memperhatikan kerusakan yang ada. 

3. Kelengkapan infrastruktur bangunan. 

Sebuah rumah atau bangunan akan sangat membutuhkan akses air bersih yang mudah dan listrik untuk menopang kegiatan sehari-hari. Apabila anda menemukan bangunan atau rumah dengan harga yang ditawarkan terbilang murah, akan lebih baik anda mengecek sistem pengairan yang ada pada rumah tersebut. Karena struktur dan jenis tanah juga mempengaruhi tersedianya akses air bersih yang anda gunakan nantinya. 

4. Umur bangunan 

Usia dari sebuah perumahan atau bangunan harus anda perhatikan, karena walaupun bahan-bahan yang digunakan adalah bahan kualitas terbaik, tetap saja rumah atau bangunan tersebut tetap akan mengalami kemerosotan akibat cuaca atau ulah manusia. Terutama bangunan yang telah berusia puluhan tahun. Anda tidak akan mau apabila anda sudah menempati rumah namun tidak akan bertahan lama karena diterpa angina kencang dan hujan. Umur bangunan juga diketahui guna menaksir seberapa parah kerusakan dan bagian mana saja yang membutuhkan renovasi. 

5. Kualitas bahan bangunan 

Kualitas bahan bangunan harus anda ketahui, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Bahan yang berkualitas adalah bahan yang kokoh dan dapat bertahan berpuluh-puluh tahun walaupun terhantam cuaca yang ada. 

6. Model bangunan 

Selain aspek yang sudah disebutkan sebelumnya, model bangunan juga menjadi aspek pilihan lain dalam memilih sebuah rumah atau bangunan untuk investasi nantinya. Model bangunan saat ini banyak pilihan dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan keinginan anda, hanya dengan melakukan renovasi tertentu. 

7. Kelengkapan dokumen. 

Untuk membangun rumah atau bangunan tertentu, tidak bisa sembarang saat menemukan lahan kosong. Dokumen atau sertifikat tanah dan bangunan haruslah atas nama pemilik yang asli dan sah secara hukum, bukan secara illegal. Selain itu, harus memiliki sertifikat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat. 

8. Ketersediaan fasilitas umum. 

Bangunan atau rumah yang dekat dengan fasilitas umum seperti halte kendaraan umum, rumah sakit atau puskesmas, juga dapat menjadi bentuk investasi yang nantinya akan menguntungkan anda. kemudahan akses ke fasilitas umum dapat mempermudah jalannya mobilitas. 

Hal yang dijelaskan sebelumnya merupakan aspek-aspek penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli rumah, bangunan atau lahan yang akan dijadikan investasi bagi anda. saat anda sudah mengetahui aspek tersebut, lalu bagaimana caranya anda menginvestasikan asset tersebut agar mendatangkan keuntungan bagi anda. Berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan agar berhasil dalam berinvestasi. 

  • Perhatikan harga sewa dan perawatan. 

Saat anda memutuskan untuk menyewakan rumah yang sudah anda beli menjadi kos-kosan atau penyewaan bulanan, anda harus memperhitungkan biaya sewanya dan perawatannya secara jeli. Jangan terlalu pelit dalam perawatan, jangan terlalu berlebihan juga pada biaya sewa. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar bangunan tersebut. 

  • Cerdas dalam membaca pasar properti. 
Harga pasar pada setiap tahunnya akan berubah, oleh karena itu anda harus menjadi investor yang cerdas dan pintar membaca sirkulasi sistem pasar properti guna meningkatkan keuntungan investasi anda dan menghindarkan dari kerugian.

Tidak ada komentar