Breaking News

Pizza Bisa Bikin Performa Kerja Meningkat


Beberapa waktu lalu ada penelitian yang mengaitkan antara performa kerja dan pizza. Benarkah pizza bisa bikin performa kerja meningkat?

Makanan khas Italia ini memang punya rasa yang lezat. Roti pizza dengan topping daging, sosis, jamur, hingga paprika yang dilumuri keju sangat menggoda. Membayangkan keju yang mulur saat menggigit pizza saja sudah bisa bikin ngiler.

Selain lezat dan mengenyangkan, makanan lezat ini bisa tingkatkan produktivitas pekerja. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Dan Ariel, seorang psikolog sekaligus penulis buku 'The Hidden Logic That Shapes Our Motivation' , lapor Fox News (15/3).


Ariel meneliti pekerja di pabrik semikonduktor Intel, Israel. Ia membagi pekerja ke dalam empat grup. Tiap grup diberi bonus berbeda jika hasil kerja mereka mencapai target. Ada yang diberi bonus uang sebesar $30 (Rp 412.000), diberi pizza, dan diberi hadiah lain. Namun grup keempat justru tidak diiming-imingi bonus sama sekali.

Hasilnya, grup yang diiming-imingi bonus uang dan pizza punya motivasi lebih tinggi untuk mencapai target. Bahkan grup yang akan diberi bonus pizza kinerjanya meningkat sebesar 6.7 persen di hari pertama. Mungkin para pekerja sudah membayangkan lezatnya makan pizza loyang besar gratis.

Penelitian ini dilakukan selama seminggu. Selama itu, kinerja grup yang diimingi pizza terus menurun, sementara grup yang diberi hadiah lain meningkat. Alasannya diungkap Ariely di dalam bukunya.

Menurutnya pizza akan menjadi pemenangnya jika hadiah pizza bisa dikirim ke rumah. "Dengan cara ini.. kami tidak hanya akan memberi hadiah pada mereka, tapi juga membuat mereka menjadi hero di mata keluarganya."

Tidak ada komentar